Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

Kompetensi utama lulusan merupakan kemampuan yang harus dimiliki lulusan Program Studi Manajemen sebagai Sarjana Ekonomi yang mempunyai ciri khas. Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan dirancang untuk mendukung terwujudnya visi program studi yaitu menjadi Program Studi Manajemen yang mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam dunia bisnis, unggul dalam riset dan teknologi bisnis, serta memiliki kepribadian muhammadiyah yang bermarwah dan bermartabat tahun 2025. Untuk mendukung ketercapaian visi tersebut, maka disusun kompetensi utama lulusan yang merujuk pada SK Rektor No. 28/KEP/II.3.AU/D/2014 tentang Rencana Strategis Pengembangan UMRI 2014-2018. Adapun kompetensi utama lulusan adalah sebagai berikut:

  1. Menguasai pengetahuan tentang konsep dasar penerapan bisnis dan manajemen yang diiringi dengan penguasaan IPTEKS.
  2. Memiliki kemampuan manajerial dalam menganalisa fenomena terbaru, mengambil keputusan secara logis dan kreatif dengan menggunakan pendekatan keilmuan manajemen.
  3. Memiliki kemampuan dalam melakukan riset bisnis serta menguasai keterampilan dalam memanfaatkan teknologi untuk pengembangan bisnis.
  4. Memiliki kemampuan bekerjasama dengan pihak lain dalam mengidentifikasi dan merumuskan cara pemecahan masalah bisnis.
  5. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan peluang dengan menciptakan dan mengembangkan bisnis yang berkelanjutan.
  6. Bersikap profesional di bidang manajemen dan bisnis yang berlandaskan pada Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Manajemen diperlukan untuk menunjang kompetensi utama yang nantinya dapat mendukung ketercapaian profil lulusan. Adapun kompetensi pendukung lulusan tersebut adalah sebagai berikut:

Spesialisasi Pemasaran dan Wirausaha

  1. Memiliki kemampuan melihat peluang bisnis dan beradaptasi dengan perubahan bisnis.
  2. Memiliki wawasan berpikir global dan kemampuan berkomunikasi bisnis yang baik.
  3. Memiliki akhlak yang baik, kemampuan kepemimpinan serta keterampilan dan sikap mental kewirausahaan.

Spesialisasi Keuangan

  1. Memiliki pemahaman tentang ekonomi, wawasan bisnis, kesadaran kode etik dan etika yang kuat.
  2. Memiliki kemampuan berpikir analisa yang kritis dan mampu melakukan peramalan yang berkaitan dengan keuangan bisnis.
  3. Memiliki keterampilan dalam melakukan penilaian keputusan investasi serta merumuskan strategi keuangan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.

Spesialisasi Sumber Daya Manusia

  1. Memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi baik secara teori maupun praktik.
  2. Memiliki pengetahuan tentang bagaimana menangani permasalahan SDM dalam organisasi dengan baik dan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan ilmu manajemen SDM.
  3. Memiliki kemampuan melakukan riset mengenai manajemen sumber daya manusia dalam organisasi.

Spesialisasi Operasional

  1. Memiliki kemampuan dalam memahami kegiatan operasional pabrik dan proyek.
  2. Memiliki kemampuan analisa yang baik mulai dari proses input hingga output.
  3. Memiliki kemampuan masalah operasional serta dapat mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan ilmu dan alternatif yang dikembangkan perusahaan yang berakar pada kearifan lokal.

Kompetensi Lainnya

Setiap mahasiswa, selain memiliki kompetensi utama dan kompetensi pendukung, juga dibekali dengan kompetensi lainnya yang dapat menunjang keahlian lain selain ilmu manajemen. Kompetensi tersebut diharapkan dapat mendukung pengabdian mahasiswa kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung, serta memiliki kemandirian dan akhlak yang baik sehingga mahasiswa mampu diterima oleh pengguna lulusan dan masyarakat. Adapun kompetensi lainnya yang mendukung adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki akhlak dan kepribadian yang baik dalam bertindak dan berprilaku.
  2. Memiliki etika profesi dan etika bisnis dalam implementasi ilmu manajemen dan bisnis.
  3. Memiliki kepekaan serta kepedulian kepada masyarakat dan memberikan kontribusi.
  4. Memiliki keahlian komunikasi serta terampil dalam memanfaatkan teknologi yang dapat diterapkan di dalam karir dan bisnis.
  5. Memiliki motivasi untuk terus berprestasi dan mampu bersaing di dalam memasuki dunia kerja.